0

Manajement

Posted by Jhonatan Oktavianus on 15.00 in
Management merupakan suatu aktivitas yang berhubungan antara aktivitas satu dengan aktivitas lainnya. Aktivitas tersebut tidak hanya dalam hal mengelola orang-orang yang berkerja di suatu perusahaa, perorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai sasaran melalui pemanfaatan sumber daya yang ada. Rangkaian aktivitas ini dinamakan proses manajer.

Deskipsi manajement : 

Proses Pemanfaatan Kerja Sama -> Sumber Daya -> Tujuan -> yang Efektif maupun yg Efisien

Syarat-syarat menjadi manajer : 
  1. Sehat jasmani dan rohani.
  2. Mempunyai stabilitas emosi, daya ingat dan kesehatan yang tinggi, kemampuan menganalisis serta intuisi  yang kuat.
  3. Mempunyai tingkat intelgensia tinggi, penampilan yang tenang dan menyakinkan, kreativitas yang tinggi dalam bidang atau kegiatan yang ditangani. 
  4. Mampu berpikir secara abstrak, menciptakan kerja sama dan saling pergertian serta berkomunikasi dengan baik.
Tingkatan Manajemen ada 3 yaitu :
  • Top Manager atau manajemen tingkat atas yang sering disebut Chief Executive Officer
  • Middle Manager atau manajemen tingkat menengah sering disebut Kepala Bagian
  • Low Manager atau manajemen tingkat bawah yang dikenal pula dengan istilah operasional (Supervisor, Kepala Seksi, Mandor)
Fungsi Manajemen : 
  • Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu.
  • Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.
  • Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.
Prinsip-Prinsip Manajemen :
Prinsip-prinsip umum manajemen ini terdiri dari :
  1. Pembagian kerja (Division of work)
  2. Wewenang dan tanggung jawab (Authority and responsibility)
  3. Disiplin (Discipline)
  4. Kesatuan perintah (Unity of command)
  5. Kesatuan pengarahan (Unity of direction)
  6. Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri
  7. Penggajian pegawai
  8. Pemusatan (Centralization)
  9. Hirarki (tingkatan)
  10. Ketertiban (Order)
  11. Keadilan dan kejujuran
  12. Stabilitas kondisi karyawan
  13. Prakarsa (Inisiative)
  14. Semangat kesatuan, semangat korps
Keterampilan Manajer : 
Robert L. Katz pada tahun 1970-an mengemukakan bahwa setiap manajer membutuhkan minimal tiga keterampilan dasar. Ketiga keterampilan tersebut adalah:

  1. Keterampilan konseptual (conceptional skill) Manajer tingkat atas (top manager) harus memiliki keterampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi.
  2. Keterampilan berhubungan dengan orang lain (humanity skill) Selain kemampuan konsepsional, manajer juga perlu dilengkapi dengan keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan orang lain, yang disebut juga keterampilan kemanusiaan.
  3. Keterampilan teknis (technical skill). Keterampilan ini pada umumnya merupakan bekal bagi manajer pada tingkat yang lebih rendah. Keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu.  
Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen




0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Jhonatan Oktavianus All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.